2. PENGARUH PEMERINTAH UNTUK MENGATASI KONDISI EKONOMI SAAT INI

PENGARUH PEMERINTAH UNTUK MENGATASI KONDISI EKONOMI SAAT INI

Pemerintah mempunyai peranan penting dalam  menghadapi masalah ekonomi di Negara kita ini. Karena Negara Indonesia menganut system ekonomi pancasila, dimana pemerintah sangat berperan penting dalam perekonomian Negara tersebut dan dalam menghadapi masalah ekonomi yang terjadi.

Indonesia mengalami banyak sekali masalah ekonomi contohnya seperti pengangguran, pendidikan, kemiskinan, dan lain-lain.

 

Bagaimana peranan pemerintah dalam menghadapi masalah ekonomi tersebut?

Sejauh ini pemerintah cukup berperan dengan aktif dan baik dalam menghadapi masalah ekonomi tersebut, tetepi masih banyak lagi yang harus diperbaiki dan di tingkatkan dalam penanganan masalah tersebut.

 

  • Masalah Pengangguran

Masalah pengganguran terjadi karena berbagai faktor yaitu seperti tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah dan jauh dari standart pendidikan yang baik dan cukup, juga karena tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi dan pesat. Disini peranan pemerintah masih harus lebih ditingkatkan, karena kurangnya lapangan pekerjaan yang mengakibatkan banyaknya pengangguran. Pememerintah harus lebih banyak membuka lapangan pekerjaan yang layak untuk masyarakat.

 

  • Masalah Kemiskinan

Masalah kemiskinan merupakan masalah ekonomi nomor satu di Indonesia ini, karena rata-rata penghasilan masyarakat yang rendah yang  menyebabkan terjadinya kemiskinan, selain penghasilan pendidikan juga merupakan faktor yang mempengaruhi. Pemerintah sudah cukup berperan aktif dan terlihat kepeduliannya terhadap masyarakan contoh nya dengan pemberian subsidi terhadap bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat dan juga lain-lain. Walaupun begitu masyarakat juga memerlukan hal yng lebih lagi, contohnya dengan mengurangi pajak yang di pungut oleh pemerintah agar masyarakat dapat lebih makmur dan sejahtera lagi .

 

 

 

  • Masalah Pendidikan

Pendidikan merupakan kunci utama untuk menentukan kualitas suatu Negara, oleh sebab itu pendidikan harus lebih diperhatikan. Tingkat pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya suatu pendidikan. Karena itu pemerintah menciptakan suatu program pendidikan yaitu wajib belajar 9tahun, yang ditunjang oleh dana BOS ( Bantuan Oprasional Sekolah ) yang membebaskan biaya sekolah sampai pada tingkat smp ( sekolah menengah pertama ).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s