Ladang Ganja 2,5 Hektare Dimusnahkan

 [BANDA ACEH] Jajaran kepolisian Aceh melakukan pemusnahan ladang ganja seluas 2,5 hektare dan menangkap seorang tersangka di Desa Meureu, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (18/7) petang, ladang ganja tersebut sebagai salah satu bagian dari total 25,5 hektareladang ganja yang  berhasil dimusnahkan dalam sepekan terakhir.

Wakapolda Aceh Brigjen Pol Setyanto kepada wartawan usai melakukan pemusnahan ladang ganja menyebutkan, terungkapnya ladang ganja siap panen di Kematan Indrapuri berawal dari laporan masyarakat, menindak lanjuti laporan tersebut aparat menyisir lokasi dan hasilnya menemukan sejumlah ladang ganja di sejumlah tempat dalam wilayah Aceh Besar, lokasi ganja tersebut yakni di Lampanah, Indrapuri, dan Lamteuba, penemuan ladang itu dalam sepekan terakhir telah mencapai 25.5 hektare.

Dalam operasi pemusnahan ladang ganja aparat berhasil menangkap seorang pelaku berinisial S (40), yang  bersangkutan telah menanam ganja seluas 8 hektar, tindakan pelaku selain dijelat  melanggar pasal narkotika, juga dikenai pasal pelanggaran kehutanan.

Sebab pelaku menanam  ganja dikawasan hutan lindung. Sedangkan tersangka lain yang menanam ganja di di Indrapuri pada ladang seluar 2,5 hektaremasih dikejar aparat. Pemusnahan ganja di Indrapuri juga turut dihadiri oleh tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Gerakan Anti Narkotika, dan sejumlah anggota DPR, serta para pejabat Polda Aceh.

Wakapolda menambahkan, selama tahun tahun 2011 jajaran Polda Aceh telah berhasil mengungkap dan memusnahkan ladang ganja seluas 158 hektare dan temuan baru dalam tahun 2012 seluas  25,5 hektar, sehingga total ladang ganja yang terungkap selama 1,5 tahun mencapai 183,5 hektare dalam  wilayah Provinsi Aceh.

Penemuan ladang ganja di kawasan Indrapuri dan Lamteuba, letak tidak jauh dari perkampungan penduduk, bahkan ada lahan-lahan yang  berada pada areal perkebunan masyarakat.   ‘

Selama ini ladang ganja banyak ditanam di dekat hutan dan pegunungan, tapi sekarang polanya berubah. “Ini semacam modus baru penanam ganja untuk mengelabuhi polisi yang selama ini lebih banyak mengungkap ladang ganja di pegunungan,” ungka Setyanto.(147)

Ref : http://www.suarapembaruan.com/home/ladang-ganja-25-hektare-dimusnahkan/22408

ANALISI :

Menurut saya kinerja polda dalam memberantas peredaran narkotika saat ini sudah sangat bagus terutama yang di aceh ini, karna seperti yang telah dibanyak diberitakan dan diketahi masyarakat luas, kota aceh sangat terkenal dengan peredaran narkotikanya yang marak, dan yang paling booming saat ini deberitakan yaitu tentang lading ganja yang hamper berpuluh-puluh hektar tertanam di aceh.

Pada hal ini peran serta masyarakat juga sudah sangat bagus dengan melaporkan kepada polisi tentang penanaman ladang ganja ini, sehingga mempermudah dan sangat membantu sekali dalam pemberantasan narkotika dan pemusnahan lading ganja ini, yang sekarang telah berubah modus penanamanya menjadi disekitar gunung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s