Aliran Listrik di Solo Diprediksi Overkuota

08UO3MWFut

SOLO – Malam menjelang tahun baru 2013, konsumsi aliran listrik PLN di kota Solo diprediksi akan terjadi kenaikan sebesar 10-15 persen. Bahkan, kenaikan yang terjadi diperkirakan akan melebihi malam menjelang tahun baru 2012 lalu.

“Pada malam itu pemakaian listrik akan mencapai paling tidak 495 megawatt (mw). Dibanding tahun lalu hanya berkisar 455 mw,” ungkap Humas PT PLN Area Surakarta Suharmanto kepada Okezone saat ditanya soal kebutuhan listrik malam tahun baru 2013, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/12/2012).

Suharmanto mengatakan, bahwa kenaikan konsumsi listrik pada malam menjelang tahun baru 2013 terjadi lebih disebabkan karena banyaknya acara yang digelar pada Senin (31/12/2012) malam, baik di hotel, restoran, tempat-tempat hiburan dan sebagainya.

“Pada malam itu, acara menyambut datangnya tahun baru begitu banyak. Sehingga tidak mustahil akan terjadi kenaikan kebutuhan akan listrik,” jelasnya.

Adapun untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan konsumsi listrik melebihi yang diperkirakan, Suharmanto mengatakan bahwa PLN Area Surakarta menyiapkan trafo keliling yang memiliki kapasitas sebesar 90 mw.

“Trafo itu bisa dibawa kemana-mana sebagai antisipasi bila terjadi lonjakan. Namun akan kami siagakan di kawasan Solobaru,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Humas PLN Area Surakarta juga mengemukakan bahwa sudah sekitar beberapa hari belakangan ini telah terjadi kenaikan meskipun belum begitu besar. “Ada kenaikan sedikit dibanding hari biasanya,” ujarnya. (ade)

http://economy.okezone.com/read/2012/12/26/19/737073/aliran-listrik-di-solo-diprediksi-overkuota

ANALISIS :

Pokok masalah yang terjadi pada artikel di atas seharusnya tidak terjadi pemborosan daya listrik seperti itu, tahun baru tidak harus dirayakan dengan berhura-hura dan bermewah-mewah sehingga menyebabkan pemborosan listrik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s