Atasi Kelangkaan Pupuk, Dahlan Terapkan Rayonisasi Pupuk

kjaSLmpDhI

JAKARTA – Menteri BUMN Dahlan Iskan menerapkan kebijakan rayonisasi untuk mengatasi kelangkaan pupuk. Mereka bertanggung jawab kepada semua pabrik pupuk.

Dalam artian, setiap pabrik pupuk memiliki wilayah edar yang sudah ditentukan. Meski begitu, mereka harus bertanggung jawab jika terjadi kelangkaan pupuk di suatu daerah sehingga untuk mengatasi kelangkaan itu, mereka bisa mengambil pupuk dari pabrik lain.

“Orang sekarang makin sadar bahwa tidak ada bedanya antara pupuk Kujang, Urea. Semua sama. Jadi tidak benar kalau ada petani yang mengatakan pupuk ini lebih baik dari pupuk itu atau sebaliknya,” jelas Dahlan, seperti dituturkan Humas BUMN Faisal Halimi dalam pesan singkatnya, Selasa (25/12/2012).

Tujuan Dahlan mendatangi sejumlah pemilik kios pupuk, tambah Dahlan, untuk melihat langsung apakah rayonisasi ini sudah berjalan. Ternyata, sudah seperti yang dia harapkan.

“Karena sekarang sangat tegas. Kalau ada pemilik kios yang melanggar atau menimbun pupuk, izinnya langsung akan dicabut,” tutur Dahlan.

Program rayonisasi ini diharapkan dapat mengatasi kelangkaan pupuk maupun penyalahgunaan pupuk bersubsidi. Tetapi, Dahlan ingin pupuk tersedia kapan pun petani memerlukan karena terkait dengan produktivitas petani.

“Misalnya harusnya minggu ini petani harus menanam padi, tapi karena pupuk tidak ada akhirnya masa tanam tertunda,” jelasnya.

Dengan rayonisasi ini, Dahlan berharap, tidak ada lagi yang saling menyalahkan jika terjadi kelangkaan. Hal ini karena tanggung jawab per wilayah sudah jelas. Tidak seperti dulu. (gnm)

http://economy.okezone.com/read/2012/12/25/320/736765/atasi-kelangkaan-pupuk-dahlan-terapkan-rayonisasi-pupuk

ANALISIS :

Pupuk merupakan makanan bagi tumbuhan terutama tumbuhan padi, padi menghasilkan beras dan beras merupakan konsumsi pokok bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu keberadaan pupuk harus tetap dilestarikan dan digunakan dengan sangat bijaksana agar tidak terjadi kelangkaan. Dan dengan adanya rayonisasi pupuk yang di canangkan mentri BUMN Dahlan Iskan dapat mencegah terjadinya kelangkaan.


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s