Siap-Siap, Mulai 1 Januari Tarif Listrik Naik 4,3%

rD3romGvT9

JAKARTA – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menentukan skema kenaikan Tarif Dasar Litrik (TDL) yaitu empat kali dalam tiga bulan pada 2013. Skema tersebut akan dimulai pada Januari 2013.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, kenaikan tarif listrik dilakukan pada 1 Januari 2013. Kenaikan tersebut diterapkan pada golongan pengguna listrik di atas 900 watt.

“(Pengguna daya) 450-900 watt tidak ada kenaikan, karena itu orang tidak mampu,” kata Jero, saat menghadiri Perjanjian Jual Beli Gas, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Jero menambahkan, kenaikan TDL tersebut akan dilakukan setiap tiga sampai empat bulan sekali dengan total 15 persen. Karena itu, kenaikan TDL setiap tiga bulan mencapai 4,3 persen.

“PLN sudah selesai menghitung tiga kali per kuartal,” ungkap Jero.

Menurut Jero, dengan adanya kenaikan tersebut akan membuka kesempatan pada tiga juta pelanggan baru yang saat ini belum mendapatkan listrik.

“Kita mencanangkan tiga juta pelanggan baru,” tutup Jero.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR telah sepakat menaikkan TDL listrik mulai tahun depan meskipun harga BBM tidak jadi naik April lalu. Hal ini dilakukan pemerintah untuk menurunkan subsidi listrik ke PLN yang angkanya telah menembus Rp90 triliun dan juga menaikkan rasio elektrifikasi Indonesia yang baru 75 persen. (gnm)

http://economy.okezone.com/read/2012/12/26/19/737096/siap-siap-mulai-1-januari-tarif-listrik-naik-4-3

ANALISIS :

Menurut artikel di atas kenaikan listrik hanya dilakukan pada pengguna listrik diatas 900 watt, dan tidak dikenakan kepada pengguna listrik yang berdaya 450-900 watt, dan menurut saya kebijakan tersebut , kebijakan yang sangat mementingkan rakyat kecil. Kenaikan harga seharusnya disertai dengan kinerja dan fasilitas yang diberikan harus lebih sesuai dengan kenaikan harga tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s